Kabar5News – Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) diperingati setiap tanggal 4 September, perayaan tersebut merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap pelanggan setianya. Bahkan, sebagai pengingat untuk pebisnis supaya selalu memberikan pelayanan terbaik.
Momen Harpelnas juga bisa dipakai sebagai sarana untuk mempererat hubungan perusahaan dengan customer, memberikan penghargaan dan menerima secara terbuka segala review dari pelanggan.
Dengan begitu perusahaan selalu ada kontrol dalam penyediaan jasa maupun produk berkualitas bagi customer. Selain itu, sebagai sarana terbaik dalam menjalin kedekatan dengan pelanggan, sehingga mereka tidak mudah berpindah ke lain hati alias selalu loyal.
Sejarah Hari Pelanggan Nasional
Dirangkum dari berbagai sumber, Harpelnas tidak muncul begitu saja. Melainkan hasil gagasan dari seorang pengusaha sukses dari Solo bernama Handi Irawan D.
Ide tersebut pertama kali tercetus pada tahun 2003, dan mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti BUMN, swasta, pemerintah dan lainnya. Awal perayaan dirintis hanya fokus untuk melindungi hak pelanggan.
Namun, seiring berjalannya waktu bermetamorfosa dengan tujuan lebih luas lagi yaitu membangun budaya pelayanan serta pemberdayaan perusahaan agar selalu orientasi pada pelanggan.
Berkat dukungan banyak pihak hingga adanya perbaikan visi misi ke depan, maka pada tanggal 4 September 2003, Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) telah resmi disahkan oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.
Saat peresmian tersebut dihadiri oleh 200 lebih jajaran Direktur Utama BUMN dan berbagai perusahaan di Indonesia. Tidak hanya itu saja, ada 500 perusahaan yang ikut serta hadir merayakannya.
Tips Mudah Merayakan Hari Pelanggan Nasional
Karena begitu pentingnya Harpelnas bagi perusahaan untuk keberlangsungan bisnisnya termasuk membangun kedekatan dengan customer. Maka, ada beberapa tips mudah untuk merayakannya.
Biasanya perusahaan aktif mengadakan promo, diskon, bonus,flash sale dan banyak lagi. Supaya lebih jelas, berikut cara unik yang bisa diterapkan saat Hari Pelanggan Nasional.
1. Diskon Khusus
Ketika Harpelnas tiba, perusahaan sebaiknya memberikan diskon untuk pelanggan, entah potongan harga pada produk yang dibeli hingga gratis ongkos kirim.
Cara tersebut bikin customer berpeluan melakukan repeat order, produk bisa cepat habis, keuntungan pun berlipat ganda.
2. Flash sale
Konsep flash sale biasanya dipakai untuk transaksi penjualan di e-commerce, yang mana pihak perusahaan memberikan kebijakan diskon besar-besaran pada suatu waktu tertentu saja.
Pelanggan umumnya akan membanjiri lapak saat ada flash sale. Selain itu, harga produk mendapat potongan besar yang jauh dari harga aslinya, misalkan pemberlakuan potongan hanya berlaku sampai hari ini, lalu besok sudah kembali normal.
3. Giveaway
Cara ketiga ada model giveaway yang memberikan hadiah pada pelanggan jika memenuhi syarat tertentu. Biasanya kegiatannya berupa kontes di media sosial.
Contohnya saja perusahaan mengadakan kontes foto. Pelanggan bisa upload foto dengan yang dibeli, disertai pengalaman saat menggunakannya, setelah itu tag akun perusahaan serta diberi tagar tertentu. Kalau berhasil menang akan dapat hadiah dari perusahaan.