Kabar5News.id – Totalitas Warung Madura 24 Jam tidak main-main, meskipun berada dalam kondisi genting sekalipun. Seperti yang tengah viral baru-baru ini saat video durasi kurang dari 1 menit tersebar di medsos.
Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall tersebut terlihat jelas barikade polisi yang sedang berjaga di seberang toko kelontong diduga Warung Madura 24 Jam untuk mengamankan aksi demonstrasi.
Pemandangan pada unggahan video yang diambil dari dalam warung itu memang jauh dari kata kenyamanan, justru terlihat mencekam.
Apalagi puluhan anggota polisi Brimob berbaris rapi bagaikan benteng pertahanan manusia, dengan atribut lengkap, helm serta tameng anti huru-hara di tangan.
Mereka siap sedia menghadang demonstran yang terdengar gemuruh suaranya dari kejauhan. Situasi tersebut tentu saja sangat berbahaya, berpotensi ricuh hingga berakhir perusakan dan penjarahan.
Namun, pemilik warung seolah tidak bergeming sama sekali, lebih memilih tetap buka daripada harus tutup. Padahal potensi bahaya selalu mengancam kapan saja.
Video tersebut mengisyaratkan bahwa etos kerja luar biasa dimiliki pemilik Warung Madura 24 Jam, tidak mengenal hari libur, tetap berjuang dalam kondisi apapun.
Menurut informasi dari berbagai sumber, salah satu kunci Warung Madura bisa sukses di tengah hantaman pesaing adalah jiwa wirausaha yang kuat.
Sudah bukan rahasia lagi, kalau masyarakat Madura terkenal mempunyai jiwa perantau dengan etos kerja tinggi. Bekal itulah yang mendorong mereka selalu semangat dan optimis membuka usaha dimana saja.
Selain jiwa wirausaha yang kuat, masih ada rahasia sukses lainnya, sehingga usaha warungnya tetap tegak berdiri.
Rahasia Warung Madura Sukses
Jiwa wirausaha tidak menjamin seseorang mudah sukses besar di kemudian hari, belum lagi munculnya banyak pesaing sejenis terkadang bikin usaha tidak stabil.
Usut punya usut, ada beberapa rahasia Warung Madura tetap sukses sampai sekarang. Mengingat usahanya berupa toko kelontong yang menjual berbagai jenis kebutuhan pokok maupun non pokok.
Adaptasi kebutuhan
Warung ini berani tampil beda daripada lainnya, meskipun tokonya sederhana, ternyata menjual berbagai kebutuhan sehari-hari maupun mendesak. Contohnya jual bensin tengah malam yang mana hal itu jarang ditemui.
Strategi pemasaran sangat efektif
Toko kelontong yang satu ini punya penataan rapi, mampu menarik minat pembeli meskipun ukuran warungnya kecil. Contoh nyatanya berupa meletakkan minuman dingin dalam kulkas yang terlihat dari luar, sehingga memudahkan pelanggan saat membelinya.
Transaksi sosial budaya
Warung Madura memiliki dimensi sosial yang membentuk gaya hidup, sangat familiar dengan kehidupan masyarakat kota besar.***