Kabar5news
Rabu,12 Agustus , 2026
  • Login
  • BERANDA
  • NASIONAL
  • EKONOMI
  • GAYA HIDUP
  • OLAHRAGA
  • HIBURAN
  • IPTEK
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • NASIONAL
  • EKONOMI
  • GAYA HIDUP
  • OLAHRAGA
  • HIBURAN
  • IPTEK
No Result
View All Result
Kabar5news
No Result
View All Result
Home GAYA HIDUP

Mengenal Diet Mediterania yang Ampuh Cegah Stroke Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Diet Mediterania bisa membuat tubuh lebih sehat kini dan nanti, caranya mudah, hasil terbukti nyata, tapi perlu pertimbangan matang terhadap kelebihan dan kekurangannya.

Mera Puspita Sari by Mera Puspita Sari
10 Februari 2026
in GAYA HIDUP
0
Mengenal Diet Mediterania yang Ampuh Cegah Stroke Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ilustrasi Menu Diet Mediterania (Foto: Gemini AI).

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatappShare on Line

Kabar5News – Diet untuk mencegah stroke kini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena pola makan tepat terbukti mampu menurunkan risiko terkena gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Apalagi bagi perempuan yang usianya mencapai paruh baya dan menopause, tentu saja stroke akan menjadi ancaman tersendiri.

RELATED POSTS

Ajaib! Kelor Bisa Bikin Polusi Mikroplastik Tersingkir, Begini Hasil Penelitiannya

7 Ide Lomba 17 Agustus Hemat Biaya untuk Berbagai Kategori

Ada sebuah treatment yang bisa diterapkan siapa saja supaya terbebas dari stroke.

Studi jangka panjang paling baru menunjukkan kalau diet Mediterania mampu memberi perlindungan maksimal terhadap stroke.

Stroke merupakan salah satu sebab kematian utama bagi perempuan. Sebagaimana tercantum dalam Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika yang menyebutkan satu dari lima perempuan usia 55 sampai 75 tahun rentan kena stroke.

Namun, saat ini ada penelitian yang telah dipublikasikan pada Jurnal Neurology Open Access milik American Academy of Neurology menyebutkan kalau Diet Mediterania mampu menurunkan risiko signifikan.

Apa Itu Diet Mediterania?

Diet Mediterania merupakan pola makan berbasis nabati, lemak sehat, ikan, biji-bijian, sayuran, buah, kacang-kacangan, minyak zaitun.

Selain itu, sedapat mungkin membatasi asupan daging merah, produk susu.
Aneka bahan makanan tersebut mampu meningkatkan kesehatan jantung, fungsi otak, meminimalkan risiko diabetes serta kanker.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya penelitian yang melibatkan lebih dari 105 ribu perempuan tergabung dalam California Teachers Study sejak 1995.

Peserta terdiri dari guru, tenaga administrasi sekolah, pensiunan guru dengan rentang umur 38 sampai 67 tahun.

Awal mula proses penelitian, setiap peserta diminta mengisi kuesioner secara rinci berkaitan dengan pola makan serta porsi konsumsi selama satu tahun terakhir.

Data tersebut dipakai untuk menilai kepatuhan melakukan diet Mediterania dengan skor pakai sistem sembilan poin.

Pemberian skor sesuai dengan tinggi rendahnya mengkonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, sereal, minyak zaitun, ikan.

Semakin tinggi skor maka semakin kuat kepatuhan untuk melakukan Diet Mediterania.

Ketika proses diet tersebut sudah ditindaklanjuti selama 20,5 tahun, ternyata hasilnya sangat mengejutkan.

Wanita yang konsisten diet punya risiko stroke lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Kelebihan Diet Mediterania

Bukti ilmiah pernah dilakukan melalui banyak responden yang konsisten menjalankan diet sehat dengan menghindari lemak hewani, hasilnya memang bisa meminimalkan risiko stroke.

Selain itu, masih banyak keunggulan lain yang diperoleh dengan rutin melakukan diet tersebut.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kaya lemak tak jenuh tunggal dan omega-3, membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

2. Mendukung Penurunan Berat Badan

Fokus pada makanan padat nutrisi, tinggi serat, dan rendah gula tambahan, sehingga efektif untuk manajemen berat badan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan antioksidan tinggi dalam sayur dan buah dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko demensia.

4. Mengontrol Diabetes Tipe 2

Membantu menstabilkan gula darah melalui konsumsi karbohidrat kompleks.

5. Fleksibel dan Aman

Tidak memiliki aturan ketat, tidak menghilangkan kelompok makanan secara drastis, dan relatif aman untuk jangka panjang.

Kekurangan Diet Mediterania

Meskipun memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, ternyata masih ada kekurangannya yang perlu diwaspadai. Sebelum Anda mulai diet tersebut secara rutin.

1. Potensi Kekurangan Nutrisi Tertentu

Rendahnya asupan daging merah dan produk susu dapat menyebabkan tingkat zat besi, kalsium, dan Vitamin D rendah.

2. Biaya Lebih Tinggi

Bahan seperti ikan segar, minyak zaitun zaitun ekstra virgin, dan kacang-kacangan bisa mahal.

3. Kenaikan Berat Badan

Jika tidak memperhatikan porsi, konsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan yang berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori.

4. Rendah Zat Besi

Pembatasan daging merah berisiko bagi orang yang membutuhkan asupan zat besi tinggi.

5. Membutuhkan Perencanaan

Lebih banyak konsumsi makanan segar membuat bahan makanan lebih cepat rusak dan memerlukan perencanaan belanja.

Tags: Apa Itu Diet Mediterania?Berita ViralBeritaGayaHidupBeritaHariIniBeritaTerkiniBeritaUpdateDiet MediteraniaDiet Mediterania Cegah StrokeKekurangan Diet MediteraniaKelebihan Diet Mediterania
Previous Post

Penugasan Board of Peace, TNI AD Mulai Tahap Persiapan

Next Post

Konflik Sosial di Sektor Agraria Terus Berulang, Mengapa Demikian?

Mera Puspita Sari

Mera Puspita Sari

Related Posts

Ajaib! Kelor Bisa Bikin Polusi Mikroplastik Tersingkir, Begini Hasil Penelitiannya

Ajaib! Kelor Bisa Bikin Polusi Mikroplastik Tersingkir, Begini Hasil Penelitiannya

by Mera Puspita Sari
11 Agustus 2026
0

Kabar5News - Polusi mikroplastik telah menjadi perhatian serius, jika masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, lambat...

7 Ide Lomba 17 Agustus Hemat Biaya untuk Berbagai Kategori

7 Ide Lomba 17 Agustus Hemat Biaya untuk Berbagai Kategori

by Mera Puspita Sari
10 Agustus 2026
0

Kabar5News - Perayaan HUT Kemerdekaan RI identik dengan berbagai lomba seru dan menarik. Namun, perlu diingat bahwa faktor biaya menjadi...

Open Dining TransJakarta, Sensasi Kuliner Sekaligus Wisata, Ini Rute, Fasilitas, Hingga Harga Tiketnya

Open Dining TransJakarta, Sensasi Kuliner Sekaligus Wisata, Ini Rute, Fasilitas, Hingga Harga Tiketnya

by Mera Puspita Sari
5 Agustus 2026
0

Kabar5News - Anda berkesempatan menikmati pengalaman bersantap mewah di atas bus tingkat berkonsep Open Dining TransJakarta yang mulai beroperasi untuk...

Mejeng di GIIAS 2026, Mobil Listrik Mungil Wuling Aira EV Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi hingga Daftar Harganya

Mejeng di GIIAS 2026, Mobil Listrik Mungil Wuling Aira EV Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi hingga Daftar Harganya

by Mera Puspita Sari
5 Agustus 2026
0

Kabar5News - Mobil listrik mungil Wuling Aira EV berdiri tegak mempesona pada pameran otomotif terbesar Gaikindo Indonesia International Auto Show...

Populer Sebagai Pengganti Nasi, Kimpul Punya Kandungan Istimewa Bagi Tubuh

Populer Sebagai Pengganti Nasi, Kimpul Punya Kandungan Istimewa Bagi Tubuh

by Mera Puspita Sari
4 Agustus 2026
0

Kabar5News - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan unggahan kreator asal Bantul yang mendapat julukan Duta Ketahanan Pangan karena rajin...

Next Post
Konflik Sosial di Sektor Agraria Terus Berulang, Mengapa Demikian?

Konflik Sosial di Sektor Agraria Terus Berulang, Mengapa Demikian?

Long Weekend 14–17 Februari 2026, Libur Apa Saja?

Long Weekend 14–17 Februari 2026, Libur Apa Saja?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RECOMMENDED

Jelang HUT ke-81 RI, Jet Tempur Rafale dan Alutsista TNI AU Siap Unjuk Kekuatan

Jelang HUT ke-81 RI, Jet Tempur Rafale dan Alutsista TNI AU Siap Unjuk Kekuatan

11 Agustus 2026
Ajaib! Kelor Bisa Bikin Polusi Mikroplastik Tersingkir, Begini Hasil Penelitiannya

Ajaib! Kelor Bisa Bikin Polusi Mikroplastik Tersingkir, Begini Hasil Penelitiannya

11 Agustus 2026
  • 640 Followers
  • 23.9k Followers

MOST VIEWED

  • Laporan Keuangan Pupuk Indonesia Wajar dan Sesuai Standar Akuntansi Keuangan

    Laporan Keuangan Pupuk Indonesia Wajar dan Sesuai Standar Akuntansi Keuangan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Jadi Clipper Luar Negeri dengan Gaji Dollar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lagi Tren! Begini Cara Bikin Foto Polaroid Bareng Idola Beserta Prompt-nya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apa Itu Wefluence? Disebut-sebut Bisa Menghasilkan Cuan Tak Terbatas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 20 Prompt Gemini AI Bahasa Indonesia di Bandara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Kabar5news

Selamat Datang di Kabar5news.id, Portal Media Online yang dikelola oleh CV GEN MUDA NUSANTARA
SK Kementerian Hukum RI No: AHU-0009239-AH.01.14 Tahun 2025. NPWP: 1091.0312.1123.9016

  • BERANDA
  • HUBUNGI KAMI
  • PRIVACY POLICY
  • REDAKSI

© 2025 Kabar5news

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • NASIONAL
  • EKONOMI
  • GAYA HIDUP
  • OLAHRAGA
  • HIBURAN
  • IPTEK

© 2025 Kabar5news

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In